Sabtu, 04 Februari 2012

WISATA CANGKUANG












Wana Wisata Cangkuang berada di kec. Cidahu +/- 6 km dari Cicurug. Transportasi bisa menggunakan mibol, motor. Daya tarikpenginapan bernuansa pedesaan, perkemahan, sungai dan bebatuan. Fasilitas tempat makan murah, wc umum, parkir mobil, motor, telpom umum, penginapan. 
Baca selengkapnya

Curug Cangkuang atau Curug Cidahu ini berada dalam kawasan Wana Wisata Cangkuang di kaki Gunung Salak.  Curug Cangkuang ini berada di aliran sungai Cikuluwung dengan warna dasar sungai yang kuning kehijauan akibat endapan belerang sehingga membuat dasar sungai ini begitu jernih dan indah.  Selain itu suhu air sungai ini terasa hangat-hangat kuku cocok untuk berendam.  Apalagi, air sungai yang mengandung asam sulfida ini diyakini dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit.
Adapun kawasan Wana Wisata Cangkuang ini berada pada ketinggian 1.300 hingga 2.000 meter dari permukaan laut dengan suhu udara  antara 18 hingga 20 derajat Celsius. Curah hujan disini cukup tinggi 3.900 – 4.500 milimeter per tahun.

Selain Curug Cangkuang juga terdapat beberapa curug lain (ada sekitar 7 curug) yang di temui di kawasan ini seperti Curug Dua Unak yang berjarak sekitar 2 km, Curug Sawer, Curug Aul dan Curug Supit yang masing-masing berjarak sekitar 1 km dari Curug Cangkuang tersebut.


Aksesbilitas

Berjarak kurang lebih 12 km dari pinggir jalan Raya Sukabumi ke area Wana Wisata Cangkuang.  Sedangkan  untuk menuju Curug Cangkuang tersebut masih membutuhkan waktu tempuh sekitar 1-2 jam perjalanan dengan berjalan kaki atau sekitar 1 km dari pinggir jalan aspal (dekat pintu masuk gerbang) dengan melewati kawasan hutan pinus.

Dari jalan raya utama Ciawi-Sukabumi belok kanan, masuk setelah pasar CIcurug.  Arah masuk ditandai dengan papan penunjuk berukuran besar ke Javana Spa.
  Cara lain adalah menanyakan kompleks pembotolan untuk minuman mineral Aqua.  Setelah masuk jalur ini ikuti saja jalan aspal yang terbaik hingga ke kawasan wisata. Namun hati-hati karena beberapa tanjakan memiliki gradien di atas 45 derajat. Mobil harus ekstra kerja keras untuk dapat menanjak.  

Fasilitas dan Akomodasi
Beberapa Akomodasi penginapan tersedia di sekitar kawasan curug ini dengan fasilitas yang dimilikinya cukup  lengkap.
Salah satunya Pondok Cangkuang yang dikelola oleh Perum Perhutanidengan kisaran harga Rp 891.250,- yang termahal untuk wisma tiga kamar pada malam hari Libur Nasional. Sedang yang termurah seharga Rp115.000,- untuk satu kamar pada malam hari biasa.

Area berkemah dapat dijumpai disekitar pondok penginapan dan di kawasan hutan lindung dengan empat areal tempat berkemah. 


Tiket dan Parkir

Tiket masuk menuju wana wisata ini adalah Rp 5000 per orang.  Sebelumnya ada pungutan retribusi desa kurang lebih 1 km sebelum pintu gerbang. 


Lokasi

Terletak bersebelahan dengan Javana Spa, tepatnya di Desa Cidahu, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS: 6° 43' 21.88" S 106° 45' 45.22" E   

1 komentar: