Sabtu, 04 Februari 2012

PELABUHAN RATU

Pelabuhan Ratu, terletak kurang lebih 60 km arah selatan Kota Sukabumi ini. Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata kebanggaan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Obyek wisata ini cukup terkenal berkat panorama alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan hamparan pasirnya yang luas.
Daya tarik Pantai Pelabuhan Ratu ialah kondisi gelombang air lautnya cukup cocok bila digunakan untuk olahraga surfing, sebab ketinggian gelombangnya cukup stabil. Dengan kondisi air yang seperti itu, maka di pantai ini terdapat beberapa tempat surfing yang sering dikunjungi wisatawan, yaitu Batu Guram, Karang Sari, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh, dan Ujung Genteng. Beberapa tempat surfing tersebut ramai dikunjungi para wisatawan tepatnya pada bulan Mei hingga Oktober, saat kondisi ombak sedang tinggi.
Samudra Beach Hotel

Sebagai kota wisata Palabuhanratu dilengkapi dengan beragam fasilitas bagi para wisatawan. money Changer dan Tourist Information Centre terletak di jalan Kidang Kencana, yang merupakan jalan utama Kota Palabuhanratu. Penginapan dari skala hotel melati hingga hotel berbintang tersedia dengan berbagai keunikannya, Samudra Beach Hotel. merupakan hotel berbintang lima yang memiliki desain unik retro gaya 70an. Bagi yang ingin menikmati nuansa mediterania berpadu seni tradisional yang kental terdapat Padi-padi Beach Resort and Hot Spring. Bagi yang menginginkan nuansa bungalow terdapat Ocean Queen Resort.
Kawasan wisata Palabuhanratu merupakan kawasan yang didominasioleh objek wisata berupa pantai dan laut.di kawasan ini, terdiri 6 panati utama yang dapat dinikmati seperti :

Pantai Citepus
Pantai berpasir ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal yang mencari kehangatan ombak laut selatan.
 
Terletak di Kecamatan Cisolok + 20 km dari Kota Palabuhanratu, Disini kita bisa menikmati keunikan pantai karang yang menjorok ke laut dan berlubang dibeberapa bagian. Bentuk karang nya mirip tungku dalam bahasa sunda disebut Hawu.
 
Obyek wisata ini terletak kurang lebih 10 Km setelah Inna Samudera Beach. Parkiran nyaman dan di tempat ini pengunjung bisa bakar bakar ikan. Pemandangan laut dihiasi dengan kapal nelayan yang terapung apung di lepas pantai.
 
Terletak + 13 km dari Kota Palabuhanratu. merupakan pantai favorit para pencinta olahraga selancar. Pantai yang dihampari batu dipesisir pantainya, memiliki salah satu ombak terbaik di Indonesia.
Fasilitas yang terdapat di sekitar pantai palabuhanratu ini antara lain mushala, area parkir yang cukup luas, taman bermain anak, tempat bersantai, dan beberapa warung makan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Selain itu, ada juga kios-kios pakaian, suvenir, dan oleh-oleh khas Sukabumi. Bagi wisatawan yang membutuhkan fasilitas penginapan, terdapat berbagai macam losmen dan hotel di kawasan wisata tersebut, mulai dari hotel kelas melati sampai kelas berbintang. Fasilitas pendukung lainnya ialah restoran, penjaga keamanan (SAR), dan peta informasi wisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar