Sabtu, 04 Februari 2012

TAMAN SAFARI INDONESIA

Taman Safari Cisarua Bogor

Taman Safari Indonesia I (TSI I) atau biasa disebut Taman Safari Indonesia Cisarua adalah sebuah tempat rekreasi keluarga yang berwawasan lingkungan dan berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Obyek wisata Taman Safari Indonesia Cisarua adalah merupakan perpaduan antara kebun binatang modern dan wisata alam.
Baca selengkapnya

Taman Safari Prigen Jawa Timur
Taman Safari Indonesia I (TSI I) terletak di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.
Taman Safari Indonesia Cisarua berdiri pada tahun 1980 dengan menempati areal seluas 138,5 Ha dan resmi dibuka untuk umum pada tahun 1986. Taman ini didirikan diatas sebuah perkebunan teh yang sudah tidak produktif lagi, terletak pada ketinggian 900 m sampai 1.800 m diatas permukaan laut, suhu rata-rata 16 °C – 24 °C dan sekaligus menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.
Oleh Bapak Soesilo Soedarman, sebagai Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi pada masa itu, ditetapkanlah Taman Safari Indonesia di Cisarua sebagai Obyek Wisata Nasional.
Pada tanggal 16 Maret 1990, oleh Bapak Ir. Hasyrul Harahap, sebagai Menteri Kehutanan pada masa itu, diresmikanlah Taman Safari Indonesia di Cisarua menjadi Lembaga Konservasi Ex-situ dan Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia.

Taman Safari Gianyar Bali
Taman Safari Indonesia Cisarua selain sebagai lokasi rekreasi, Taman Safari juga mempunyai beberapa fungsi, yaitu ikut aktif didalam membantu usaha perlindungan dan pelestarian populasi jenis satwa yang terancam punah karena kehilangan habitat. Selain itu berfungsi juga untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dengan melakukan berbagai penelitian untuk mendukung pelestarian satwa, serta melakukan kampanye, pendidikan dan penyuluhan mengenai konservasi.

Koleksi Satwa Taman Safari Indonesia I
Taman Safari memiliki koleksi satwa lebih dari 2.500 ekor, yang terdiri dari 250 species dan sebagian besar merupakan satwa langka.
Beberapa macam satwa langka antara lain : Harimau Sumatera ( panthera tigris sumatrae ), Gajah Sumatera ( elephas maximus sumatrae ), Curik Bali ( leucopsar rotsildi ), Anoa ( bubalus depressicornis ) dan berbagai jenis reptil.
Taman Safari Indonesia Cisarua memiliki koleksi satwa lokal maupun satwa dari luarnegeri. Satwa lokal, antara lain seperti : Komodo, Bison, Beruang Hitam Madu, Harimau Putih, Gajah, Anoa dan lain-lainnya.

Fasilitas Yang Tersedia Di Taman Safari Indonesia I
Tersedia : bus safari, kolam renang dengan seluncur ombak, danau buatan, kano, sepeda air, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, taman burung, baby zoo, kincir raksasa, kuda tunggang, gajah tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, bom bom car, rumah setan, kesenian tradisional dan sulap di panggung terbuka Balai Ruyung Safari, animal education show, children's play ground, caravan & hotel, wild-wild west.
Di Taman Safari Cisarua terdapat juga air terjun.

Cara Mencapai Taman Safari Indonesia I
Dari Jakarta lebih kurang 80 Km. Dari Bandung sekitar 78 Km.
Jika dari Jakarta atau Bandung dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus, berhenti di Cibeureum Cisarua, selanjutnya dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota dan butuh waktu ± 15 menit untuk sampai ke Taman Safari.

Jam Buka Taman Safari Indonesia I
Buka setiap hari, mulai jam 09.00 WIB - 17.00 WIB
Untuk Safari di malam hari (Safari Malam), buka mulai jam 19.00 WIB - 21.00 WIB

Indonesia sampai saat ini mempunyai beberapa lokasi Taman Safari, antara lain :
Taman Safari Indonesia I (Taman Safari Indonesia Cisarua)
Berlokasi di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, Pulau Jawa.

Taman Safari Indonesia II (Taman Safari Indonesia Prigen)
Berlokasi di lereng Gunung Arjuna, Desa Jatirejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur, Pulau Jawa.

Taman Safari Indonesia III (Taman Safari Indonesia Gianyar)
Berlokasi di Desa Serongga, Kabupaten Gianyar, Propinsi Bali, Pulau Bali.

Harga ticket masuk reguler:

- Dewasa (5 tahun ke atas) : Rp 60.000,-
- Anak-anak (1-5 tahun) : Rp 55.000,-

Harga ticket masuk paket terusan All In (Termasuk Safari Water World & free 23 Wahana Permainan)

Rp. 85.000,-
Corporate Affair :

PT. Taman Safari Indonesia
Unit II Prigen,Pasuruan – Jawa Timur

Phone :
(0343) 773 5000 (hunting)
(0343) 775 0225 (Sales & Marketing direct line) 

http://www.tamansafari.com

http://tamansafari2.net
email:marketing@tamansafari2.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar